M. Hendri Agustiawan, SH, SA

Minggu, 02 Oktober 2016

Adab Kepada Kedua Orang Tua dan Mertua


1.dimanapun dan kapanpun kita harus selalu berbuat dan berakhlak yg baik kepada kedua orang tua maupun mertua, kerena sejatinya kecintaan kita terhadap mertua merupakan bukti kecintaan kita terhadap istri,patuhi nasehatnya, lakukan perintahnya kecuali dalam hal kemaksiatan."Ridlolloh fi ridlol walidain",Ridlonya Alloh tergantung ridlonya orang tua. Ketika kita bersikap baik kepada orang tua, insyaAlloh ,Alloh akan selalu memudahkan urusan dan rizqi kita.Mulailah dari hal kecil, berbicara sopan, menjaga silaturahmi, klo ada rizqi atau makanan jgn lupa berbagi ke pada kedua orang tua dll.

2. Kalau orang tua tidak suka terhadap istri,karena istri bermaksiat,merusak akhlak suami atau tidak menentramkan rumah tangga maka patuhilah nasehat orang tua. Jangan malah membenci orang tua ,karena seganas-ganas induk macan ,ia tidak akan memangsa anaknya sendiri.
Terdapat riwayat dalam Shahîh al-Bukhâri yang mengisahkan bahwa Nabi Ibrâhîm Alaihissallam menyuruh putranya Ismaîl Alaihissallam untuk menceraikan istrinya tatkala melihat adanya keburukan yang mempengaruhi hubungan rumah tangga anaknya, maka Ismail pun menceraikan istrinya.
Tapi sebaiknya ketika ada masalah dalam rumah tangga maka di musyawarohkan terlebih dahulu.

3.jika memang orang tuaatau mertua yang salah, sering mencaci atau membenci kita tanpa alasan, Maka bersabarlah, balaslah dengan kebaikan,, insyaAlloh hati beliau akan luluh..karena sejatinya segala perbuatan kita itulah balasan yg nantinya kita dapatkan dan itulah cerminan pribadi kita

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا

Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, Maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, [al-Isrâ`/17:7]

Senang dipuji atau sedih di hina ,itu tanda kalau kita belum iklas melakukan kebaikan, karena Sesungguhnya Alloh lah alasan kita berbuat baik dan yakin seyakin yakinnya Alloh pasti akan membalas amal kebaikan kita dengan limpahan kebaikan pula.
Orang dulu bilang " orang tua atau mertua itu seperi Al Quran,walaupun sudah lusuh atau robek tetap harus dihormati tidak boleh dicampakan atau di letakan di tempat yg tidak terhormat"
WaAllohu A'lam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar