M. Hendri Agustiawan, SH, SA

Sabtu, 30 Desember 2017

Tips mrndalami madhab syafi'i

**Santri yang mau mendalami fiqh Mazhab Syafi'i menurut penulis kitab Madkhol ila mazhab Syafi'i :*
* Lihat hal 559.

1. Jika baru mau mulai, silahkan hadapkan diri pada kitab-kitab kontemporer seperti fiqh manhazi. (Tradisi di pesantren kita biasanya memulai dari safinah, ke taqrib kemudian fathul mu'in).

2. Jika ingin mengetahui sudut pandang kalangan syafiiyah dalam topik2 tertentu silahkan baca tulisan kitab-kitab yang topiknya khusus, seperti masalah terawih dan maulid dari imam suyuthi.

3. Jika tujuannya pengem tahu argumen2 kalangan elit syafiiyah, dan diskusi mereka dalam menyanggah argumen mazhab lain, boleh tengok kitab-kitab muqoron syafiiyah seperti al-Hawi dan Majmu'.

4. Jika kepengen memantapkan pengetahuan terhadap fatwa2 mu'tamad kalangan syafiiyah silahkan tengok kitab2 imam Rofe'i dan Nawawi, disamping mendahulukan imam nawawi jika terjadi perbedaan antara kedua imam tersebut.

Jika ternyata dalam karya2 dua imam diatas, permasalahan tidak dijumpai atau kurang jelas, lanjutkan pencarian ke tulisan2 ibn hajar dan ar-Romli, khususnya dua syarah mereka untuk minhaz tholibin, disini boleh memilih pendapat siapa saja tanpa ada yang harus didahulukan ibnu hajar atau ar-romli.

Jika ternyata tidak dijumpai juga dalam karya2 ibnu hajar dan ar-Romli, lanjutkan pencarian ke hawasyi-hawasyi yang ditulis pada periode ke lima dalam perkembangam mazhab Syafi'i, disini juga tanpa mengutamakan pendapat siapa2, kelasnya satu level.

5. Jika ingin mantap dengan bagaimana cara pandang Imam Syafi'i serta argumen2nya dalam mazhab zadid beliau, silahkan tengok karya-karya Imam Syafi'i yang tercetak dan dapat dijumpai ditoko2 seperti al-Umm dan pelengkap2 untuk kitab induk tersebut. Untuk menambah faidah silahkan di dampingi kitab2 hafidz baihaqi untuk mengetahui kualitas hadis dan atsar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar