M. Hendri Agustiawan, SH, SA

Minggu, 06 Agustus 2017

Pola

📚 *KITAB الإنشاء بالأنماط* 📚

🇸🇦BELAJAR BAHASA ARAB 🇸🇦
                       👇
MELALUI *POLA KALIMAT*

Apa itu  *kalimat* ( جُمْلَةٌ ) ❓❓❓
Apa itu  *pola kalimat* ( أَنْمَاطُ الـجُمَلِ ) ❓❓❓

*kalimat adalah* Gabungan beberapa kata yang memiliki makna yang sempurna seperti :

🔰 أَكَلَ عَلِيٌّ خُبْزًا 
Ini di sebut kalimat ( جُمْلَةٌ )

tapi *struktur kalimat* tersebut yang terdiri dari :

🔰 فِعْل + فاعل + مَفْعُولُ بِهِ
Ini di sebut *pola kalimat* ( أَنْمَاطُ الجُمَلِ )

👈 أَكَلَ = *فعل*
👈 علي = *فاعل*
👈 خبزا = *مفعول به*

✅ Setiap kalimat hanya memiliki satu pola yang cocok dengannnya,
✅ tapi setiap pola kalimat memiliki banyak sekali kalimat yang sesuai dengannya.

Misalnya Kalimat:
أَكَلَ عَلِيٌّ خُبْزًا
Kalimat ini hanya memiliki satu pola, yaitu :
                       👇
فِعْل + فاعل + مَفْعُولُ بِهِ

Tapi pola kalimat فِعْل + فاعل + مَفْعُولُ بِهِ memiliki banyak sekali kalimat yang cocok dengannya.
Contoh :
👈 أَكَلَ عَلِيٌّ خُبْزًا
👈 أَكَلَ عَلِيٌّ خُبْزَيْنِ
👈 أَكَلَ التِلْمِيْذَانِ خُبْزًا
👈 ضَرَبَ عُمَرُ كَلْبًا
👈 كَتَبَ عَلِيٌّ رِسَالَةً
👈 حَفِظَ الطُلَّابُ الدُرُوسَ

Semua kalimat di atas memiliki pola yang sama, yaitu : فِعْل + فاعل + مَفْعُولُ بِهِ

✅ Sehingga kita bisa membuat banyak sekali kalimat berdasarkan satu pola.

Pola kalimat di buku ini di mulai dari :

1- pola kalimat sederhana(kalimat pendek) seperti :
👈فعل + فاعل
👈مبتدأ + خبر
👈فعل + فاعل + مفعول به

2- pola kalimat luas(kalimat panjang) seperti :
👈 فعل + فاعل + مفعول به + حال
👈 فعل + فاعل + مفعول به + مفعول مطلق + نعت
👈 فعل + فاعل + مفعول به + حال جملة
👈 فعل + فاعل + جار مجرور + ولا سيما + .....
👈 لا بد ل + ل + مجرور + من + مجرور
👈 لا بد ل + من + مجرور + ل + مجرور
👈 لا بد + أن + مضارع
👈 جملة + من (البيانية)
👈 من (البيانية) + اسم الموصول

3- berbagai bentuk uslub, seperti :
👈أسلوب التحذير
👈أسلوب الاستثناء
👈أسلوب القصر

🔑 Sebelum belajar meng’irob lebih baik kita mempelajari terlebih dahulu pola kalimat 🔑

🔑 Karena dengan menguasai pola kalimat akan memudahkan kita mengenal kedudukan sebuah kata dalam kalimat 🔑

🔑 Sehingga ketika belajar i’rob jadi lebih mudah 🔑

🎯Buku ini targetnya adalah penguasaan kemampuan :

1⃣ menulis ( مهارة الكتابة )
2⃣ berbicara ( مهارة الكلام )

bagi para *guru* yang ingin menggunakan kitab ini insy Alloh akan terbantu, karena kitab ini dilengkapi dengan :

🔰panduan penggunaan buku
🔰penjelasan target tiap pelajaran yang ingin dicapai ( أهداف الدرس )
🔰contoh-contoh yang banyak
🔰latihan-latihan yang banyak dan variatif

✏buku telah di diperiksa dan di tinjau oleh :✏

1⃣ *👳🏻syaikh khumaidah* dari _mesir_ ( الشيخ حميدة صالح حسين المصري - مبعوث الأزهر الشريف إلى دولة إندونيسيا – جمهورية مصر العربية  )

2⃣ الدكتورة حنانة مختار الطبراني  (dosen bahasa Arab UIN Banten menempuh pendidikan S1 dan S2 di *universitas al-azhar kairo* dan S3 di *universitas kebangsaan Malaysia* )

buku ini ada 5 jilid

jumlah halaman tiap jilid :

buku 1 = 123 halaman
buku 2 = 142 halaman
buku 3 = 110 halaman
buku 4 = 116 halaman
buku 1 = 123 halaman

*total = 627 halaman*

Keunggulan yang lain dari kitab ini adalah:

✏setiap permulaan pelajaran dilengkapi dengan contoh-contoh pola kalimat yang di ambil dari kaidah-kaidah nahwu shorof agar para pelajar tidak hanya sekedar bisa menuliskan pemikiran dan pendapat mereka dalam bahasa arab, tapi juga mengetahui tatabahasanya seperti nahwu dan shorof.
✏Setiap pelajaran dimulai dengan menyajikan target-target yang bisa dicapai oleh pelajar dari apa yang akan mereka pelajari.

*Kitab ini terdiri dari tiga unsur.*

1⃣ Pola kalimat
2⃣ Teks bacaan
3⃣ Latihan

*1⃣ POLA KALIMAT*

di sajikan mulai dari pola kalimat pendek sampai yang panjang

*2⃣ TEKS BACAAN*

Teks-teks bacaan yang sesuai dengan pola kalimat yang dipelajari diambil dari buku-buku bahasa arab fusha agar para pelajar bisa meniru pola-pola kalimat dan uslub-uslub yang dipelajari serta menambah perbendaharaan kosakata melalui bacaan-bacaan tersebut.

*3⃣ LATIHAN*

Latihan-latihan di dalam buku ini  bertujuan :
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap pemateri yang pelajari diberikan latihan-latihan yang bervariasi
Memotivasi pelajar untuk menerapkan materi yang telah mereka pelajari.

Latihan-latihan di dalam buku ini   berbentuk :

🖌Penelitian
🖌Diskusi
🖌Menterjemah dari Indonesia ke Arab
🖌Belajar mandiri
🖌Belajar kelompok
🖌Mengurai masalah
🖌peningkatan keterampilan berfikir dan keterampilan hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar