M. Hendri Agustiawan, SH, SA

Senin, 14 November 2016

Ngaji KH JAMALUDIN TAMBAK BERAS JOMBANG

Sebagus bagus pejabat adalah pejabat yang mendatangi (sowan) ke ulamak dan
Sejelek -jelek ulamak adalah ulamak yang mendatangi pejabat (umaro')

Bertemanlah kepada Ahli tasawuf yang pintar (alim)
Imam gozali menjelaskan mereka adalah ulamak ahli sunah waljamaah yang ucapan dan perbuatanya sesuai dengan syariat.

Imam Syafi'i berkata
"Jangan hanya belajar fiqh tanpa tasawuf begitu juga sebaliknya, karena Orang yang hanya mengetahui ilmu fiqh maka hatinya akan keras (hanya sibuk dan peduli dengan amal fiqhiyah tanpa memperdulikan esensi ibadahnya dan buah dari ibadah tersebut. Ia juga rentan untuk berbuat khilah/mengakali-ngakali hukum syariat dalam beragama) dan orang yang hanya mengetahui tasawuf maka ia adalah seorang yang bodoh karena tidak mengetahui hukum."

Ada 11 kelompok tasawuf yang bodoh

1. Khululiah

Melihat tubuh wanita yang cantik dan amrod (anak laki-laki yang tampan) itu diperbolehkan dan halal begitu juga halal memeluk dan mencium mereka.

2. Al uwainiyah

Seorang hamba jika sudah sampai tingkatan wali maka ia tidak terjerat dengan hukum- hukum syaria't dan ia lebih utama dari pada nabi.

3.As Samroniyah

Ketika orang sudah mempunyai guru mursyid maka ia sudah gugur dalam melakukan perintah begitu juga gugur dalamenjauhi larangan. Akhirnya,
Mereka menghalalkan alat malahi

4.Al Hubbiyah

Mereka berpandangan, apabila derajat seorang hamba sudah sampai kepada derajat mahabbah maka ia sudah tidak terikat dengan hukum-hukum syariah.
Mereka juga menghalalkan untuk tidak menutupi aurot.

5.Al Khuriyah

Ketika mengalami

Mereka mengahalalkan perkara yang harom dan mengharomkan perkara yang halal dan di perbolehkan menyetubuhi wanita yang belum halal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar